Kisah Perjalanan Hidup Cristiano Ronaldo

Biografi Perjalanan Hidup Cristiano Ronaldo

Kisah Perjalanan Hidup Cristiano Ronaldo – Awal sebelum mega bintang lapangan hijau, bernama lengkap Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro menggeluti dunia sepak bola. Ronaldo merupakan sesosok pemuda tangguh yang dikaruniai segudang talenta. Funchai, Madeira, Portugal adalah kota tempat di mana Cristiano Ronaldo dilahirkan dari pasangan tukang masak Maria Dolores dos Santos Aveiro dan pengurus kebun Jose Dinis Aveiro.

Keluarga besar Ronaldo merupakan penganut agama Khalotik yang sangat taat sekali, meski dalam kehidupan mereka masih berada dalam garis kemiskinan. Agama Khatolik sudah dianut oleh nenek buyut Ronaldo yang bernama Isabel da Piedade. Kondisi keuangan ayah Ronaldo tak kunjung mengalami peningkatan tak lantas membuat keluarga mereka tak bahagia.

Bahkan sangking miskinnya, ayah dan ibu Ronaldo saat itu tidak mampu membelikan mainan untuk anak laki-laki kesayangan nenek buyutnya Ronaldo. Kediaman sederhana Ronaldo saat muda di Madeira, kediaman keluarga Ronaldo hanya mempunyai jumlah kamar dalam jumlah terbatas, sehingga membuat ia harus rela berbagi kamar dengan semua saudara-saudaranya.

Hidup Kekurangan Tak Membuat Ronaldo Menyerah

Meskipun hidup kekurangan, ayah Ronaldo yakni Jose Dinis Aveiro merupakan seorang pemabuk kelas berat. Setiap hari ayah Ronaldo selalu meminum alkohol hingga membuat ia mabuk. Akibat kecanduan alkohol berat, Jose Dinis Aveiro tutup usia 52 tahun pada bulan November 2005 sewaktu Cristiano Ronaldo masih berumur 20 tahun.

Punya ayah seorang pemabuk berat, tak lantas membuat Ronaldo juga mengikuti jejak sang ayah. Cristiano pernah mengatakan bahwa ia sama sekali tidak pernah menyentuh minuman beralkohol, akan tetapi nama baik Ronaldo pernah dicemarkan lewat sebuah artikel yang diterbitkan oleh media ternama Daily Mirror.

Tepat satu bulan setelah ayah Ronaldo meninggal, Oktober 2005. Cristiano pernah ditangkap pihak kepolisian dengan tuduhan telah memperkosa seorang wanita disebuah kamar hotel yang terletak di London. Namun, akhirnya Ronaldo dibebaskan dengan status bebas bersyarat.

Penegak hukum setempat tidak bisa menjerat Ronaldo ke sel tahanan, karena tidak mempunyai cukup bukti kuat atas tuduhan tersebut. Hal tersebut membuat Scotland Yard sebagai pelapor ke pihak kepolisian tak mampu berbuat banyak.

Madeira merupakan sebuah kepulauan yang berada di lepas pantai sebelah barat daya Portugal, menghadap langsung ke Samudra Atlantik. Kota Maidera berjarak sekitar 360 mil berbatasan dengan wilayah barat Maroko dan 540 mil arah barat daya berbatasan dengan Lisbon.

Kakak Ronaldo Jadi Penyanyi Dengan Nama Panggung Ronalda

Cristiano Ronaldo memiliki seorang kakak laki-laki bernama Hugo, dua orang kakak perempuan bernama Elma dan Liliana Catia. Diantara kedua kakak perempuan Ronaldo yang punya kualitas suara bagus, sang kakak dimaksud bernama Liliana.

Dengan adanya bakat tersebutlah, membuat sang mengambil keputusan menjalani karier sebagai penyanyi di Portugal dengan menggunakan nama panggung Ronalda. Keputusan bekerja sebagai penyanyi dilakukan demi membantu meringankan beban kedua orang tua untuk masalah keuangan keluarga.

Kedua orang tua Cristiano Ronaldo, memberi nama belakang Ronaldo karena ayah Ronaldo, Jose Dinis Aveiro merupakan penggemar berat sosok mantan Presiden Amerika Serikat ke-40, Ronald Reagan.

Namun berkat menyandang nama tersebut, sejak belia Ronaldo menjadi pemuda tampan yang mudah diingat namanya. Ronaldo muda merupakan sosok pemuda energik dan populer di kalangan seusianya dan sudah banyak gadis yang tergila-gila padanya.

Sebagai ibu yang mengetahui anak laki-lakinya sangat mencintai olahraga sepak bola, Maria Dolores dos Santos Aveiro coba membahagiakan Cristiano Ronaldo. Ketika masih berusia 14 tahun, dengan meminta Ronaldo agar fokus sepenuhnya mendalami sepak bola.

Debut Pertama Ronaldo di Dunia Sepak Bola

Setelah menjalani banyak sesi latihan di Madeira, akhirnya pemuda kelahiran 5 Februari 1985, Funchai, Madeira, Portugal dapat memulai debut karier sepak bola di kelas junior. Ronaldo resmi bergabung dengan klub sepak bola lokal, Andorinha selama dua tahun Criatiano meniti karier bersama tim sepak bola tersebut yakni dari tahun 1993-1995.

Mulai tahun 1995 hingga 1997, Cristiano pindah membela klub sepak bola Nacional atau disebut juga Nacional da Madeira. Kesebelasan ini menjadi kubu kedua tempat Ronaldo mengembangkan karier dalam dunia sepak bola.

Tim sepak bola dengan nama lengkap Clube Desportivo Nacional berjuluk Os Alvinegros berbasis di Funchai, Madeira bermain untuk divisi utama SuperLiga, Portugal. Karier sepak bola Cristiano Ronaldo mengalami banyak peningkatan selama membela kubu Nacional.

Mengetahui Clube Desportivo Nacional, mempunyai sesosok pemain sepak bola muda bertalenta luar biasa hebat. Klub sepak bola yang sangat terkenal di Portugal akan sistem pelatihan pemain mudanya, Sporting Lisbon atau Sporting Clube de Portugal segera merekrut Cristiano Ronaldo.

Cristiano Bergabung Dengan Sporting Lisbon

Ronaldo akhirnya bisa mempunyai harapan karier lebih cerah, sebab Sporting merupakan salah satu dari tiga klub terbesar di Portugal. Tiga klub besar asal Portugal dimaksud adalah Benfica, Porto dan Sporting Lisbon. Adik tercinta Ronalda tercatat membela Sporting Lisbon sejak musim 1997 sampai dengan 2001 untuk peringkat karier junior.

Baru semenjak musim 2001 sampai 2003, Cristiano Ronaldo menjalani karier sepak bola senior dan ia tercatat sebagai salah satu pesepakbola lulusan terbaik Sporting Lisbon dari sistem kepelatihan remaja Portugal. Saat membela Sporting di Liga Portugal, Ronaldo memakai jersey dengan nomor punggung 28.

Setelah resmi menjadi pesepakbola senior, Cristiano juga tampil bermain sepak bola untuk tingkat internasional. Dimulai dari memperkuat tim sepak bola nasional Portugal untuk tingkat U-17, U-20. U-21 dan U-23. Menurut arsip timnas Portugal, Ronaldo sudah mulai dipanggil membela tim nasional semenjak tahun 2003.

Kesempatan Ronaldo Bela Tim Nasional Portugal

Dari semua tingkatan yang dilakoni Cristiano Ronaldo, untuk tim nasional Portugal. Pria kelahiran Madeira tersebut sudah pernah tampil sebanyak 118 kali untuk membela tim nasional tingkat senior. Dari 118 laga dijalani Ronaldo telah menghasilkan 52 gol untuk timnas Portugal.

Karena performa apik dan dipadu dengan kecepatan mengolah si kulit bundar, Cristiano dipanggil memperkuat skuat utama tim nasional Portugal. Ia dipercaya mampu mempersembahkan hasil pencapaian gemilang dari pentas internasional seperti di bawah ini :

  • Piala Eropa 2004
  • Olimpiade Athena 2004
  • Piala Dunia 2006
  • Piala Dunia 2010
  • Piala Eropa 2012
  • Piala Dunia 2014
  • Piala Eropa 2016
  • Piala Dunia 2018

Momen Ronaldo mencapai caps ke-100 untuk tim nasional Portugal, terjadi pada tanggal 17 Oktober 2012. Pencapaian tersebut terjadi di babak kualifikasi Piala Dunia ketika menghadapi timnas Irlandia Utara di Porto Estadio do Dragao.

Cristiano tercatat, sebagai pesepakbola termuda ke-3 asal Eropa yang pernah mencapai tingkat itu. Pemain bintang sepak bola sebelumnya yang lebih dulu mencapai angka tersebut adalah Lukas Podolski asal Jerman dan Kristen Vilkmae asal Estonia.

Ketika menjalani semua pertandingan babak kualifikasi Piala Dunia 2014, Ronaldo membukukan 8 gol. Sudah termasuk 4 gol yang dicetak dari dua play-off saat berhadapan dengan timnas Swedia, untuk memastikan timnas Portugal sudah berada pada titik aman Piala Dunia 2014.

Dari pertandingan putaran ke-2, Ronaldo kembali membuat semua fans terkesan dengan mencetak hattrick. Mesin pencetak gol terbanyak sepanjang masa yang mampu menyamai rekor sosok legendaris Pauleta berjumlah 47 gol.

Babak final Piala Dunia 2016, merupakan momen terburuk yang pernah dialami kapten timnas Portugal itu. Akibat cedera di babak pertama, Ronaldo tak mampu tampil optimal saat melawan tuan rumah Piala 2016, Perancis.

Meski sedang cedera, Cristiano tetap mengupayakan hasil pertandingan terbaik semaksimal mungkin. Dan perjuangan hebat putra Portugal tersebut membuatkan hasil kemenangan tipis skor 1-0 atas tim tuan rumah Perancis.

Pertemuan Pertama Cristiano Ronaldo Dengan Sir Alex ferguson

25 kali tampil untuk karier sepak bola senior bersama Leoes atau singa, Ronaldo berhasil mencetak 3 gol. Memasuki pertengahan musim panas 2003, Sportinguistas menggelar pertandingan persahabatan dengan klub sepak bola raksasa asal Inggris, Manchester United di Estadio Jose Alvalade yang pada saat itu masih ditangani langsung oleh Sir Alex Ferguson.

Pada pertandingan persahabatan tersebut, tim racikan Alex Ferguson mengalami kekalahan telak dengan skor 3-1. Hasil pertandingan mengejutkan ini tak lantas membuat pelatih asal Skorlandia tersebut murka. Pasalnya berkat laga persahabatan itu, Ferguson menemukan sosok calon bintang sepak bola baru yang memiliki talenta luar biasa hebat.

Manchester United yang saat itu sudah diperkuat banyak pemain bintang hebat, bisa mengalami kekalahan dan sesaat setelah pertandingan berakhir. Sir Alex Ferguson bergegas menghubungi pihak petinggi Manchester United di Old Trafford, untuk segera merekrut pemain sepak bola brilian seperti Cristiano Ronaldo. Dengan menghabiskan dana transfer senilai 12,24 Poundsterling atau sekitar 225 miliar Rupiah.

Kedatangan Cristiano di Old Trafford, langsung mendapat sambutan hangat dari semua pemain inti The Reds Devil. Namun, sebelum memberikan jersey pertama dengan nomor punggung pilihan tentunya.

Hadiah Pertama Sir Alex Ferguson Untuk Ronaldo

Sir Alex Ferguson bertanya kepada Ronaldo, angka berapa yang akan jadi nomor punggung? Cristiano menjawab “Saya akan memakai angka 28, itu nomor favorit saya selama bermain sepak bola”.

Sir Alex Ferguson malah berkata “Tidak, mulai sekarang juga nomor punggung yang akan kamu pakai adalah 7”.

Seperti yang diketahui, selama ini sosok pesepakbola yang menyandang nomor punggung 7 merupakan pemain bintang legendaris, yang sukses membawa Manchester United memasuki era keemasan. Dengan naluri tajam miliknya, Sir Alex Ferguson tahu betul kalau Ronaldo bakal membawa pasukan Setan Merah menuju puncak kejayaan.

Nomor punggung keramat 7 tersebut, sengaja diberikan Sir Alex Ferguson kepada Cristiano Ronaldo. Sebagai bentuk penghargaan pertama untuk menghargai kehebatan pemuda asal Portugal tersebut memberi kejutan luar biasa di pertandingan persahabatan.

Selama berkarier di Old Trafford, mulai dari musim 2003 sampai dengan 2009, Ronaldo pernah melakoni 196 kali pertandingan dan menyumbang 84 gol spektakuler. Kemenangan demi kemenangan dipersembahkan Cristiao untuk Manchester United hingga merajai puncak ajang bergengsi League Premier dan Liga Champions.

Real Madrid Tertarik Merekrut Ronaldo

Klub sepak bola raksasa dari Liga Spanyol, pun akhirnya mengirim utusan ke Old Trafford ketika bursa transfer musim panas 2009. Guna membicarakan persoalan transfer Criatiano yang sudah diperkirakan bakal mencetak rekor transfer. Tepat sekali prediksi Presiden Real Madrid, Florentino Perez.

Negosiasi panjang terjadi, antara petinggi Manchester United dan utusan yang jadi perwakilan klub Real Madrid akhirnya mencapai kesepakatan.

Rekor baru untuk transfer senilai 80 juta Poundsterling atau setara 1,3 triliun Rupiah, membuat Cristiano memperoleh gelar baru sebagai mega bintang papan atas termahal nomor satu peringkat dunia yang pernah ada sepanjang sejarah sepak bola.

Selama berada di Santiago Bernabeu membela Real Madrid, mulai dari musim 2009 sampai dengan 2018. Kapten timnas Portugal tersebut sudah pernah melakoni 81 kali pertandingan dengan membukukan 87 gol. Pada musim kedua, Ronaldo tampil untuk Los Blancos di kompetisi La Liga 2010-2011.

Pesepakbola asal Madeira itu mencatat rekor pencapaian terbaru yaitu mencetak gol terbanyak berjumlah 40 gol sepanjang musim. Prestasi gemilang lainnya terus bergulir, mulai dari gol terbanyak sepanjang sejarah atas hasil pertandingan El Clasico. Laga yang mempertemukan Real Madrid dengan tim rival terkuat asal Spanyol, Barcelona.

Di kompetisi musim 2013-2014, Cristiano kembali mencetak rekor pencapaian terbaru dari ajang UEFA Champions League, sebagai mesin pencetak gol terbanyak dalam 1 musim dengan mengoleksi 17 gol yakni dengan rincian seperti di bawah ini :

  • Real Madrid vs Galatasaray skor 1-6 Ronaldo cetak hattrick
  • Real Madrid vs Copenhagen skor 4-0 Ronaldo cetak 2 gol
  • Real Madrid vs Juventus skor 2-1 Ronaldo cetak 2 gol
  • Real Madrid vs Juventus skor 2-2 Ronaldo cetak 1 gol
  • Real Madrid vs Copenhagen skor 2-0 Ronaldo cetak 1 gol
  • Real Madrid vs Schalke skor 1-6 Ronaldo cetak 2 gol
  • Real Madrid vs Schalke skor 3-1 Ronaldo cetak 2 gol
  • Real Madrid vs Dortmund skor 3-0 Ronaldo cetak 1 gol
  • Real Madrid vs Bayern Munchen skor 0-4 Ronaldo cetal 2 gol
  • Real Madrid vs Atletico Madrid skor 4-1 Ronaldo cetak 1 gol merupakan laga babak final UEFA Liga Champions

Pesepakbola serba bisa asal Portugal yang saat ini telah genap berusia 33 tahun tersebut. Kembali tercatat dalam buku prestasi pencapaian Los Blancos, setelah menjadi penentu kemenangan tim Real Madrid di laga babak final UEFA Liga Champions 2016.

Ketika melakoni pertandingan final tersebut, melalui babak adu tendangan penalti. Setelah skor akhir pertandingan 1-1 dan sudah mendapat babak tambahan perpanjangan waktu atau extra time. Akhirnya dengan perolehan skor 5-3 dari adu tendangan penalti, Real Madrid bisa mengangkat trofi juara UEFA Liga Champions 2016.

Kompetisi musim 2017-2018, menjadi musim yang kurang memihak pada Cristiano Ronaldo. Padahal Los Blancos masih ditangani oleh Zinedine Zidane. Perolehan hasil kurang memuaskan sempat membuat Presiden Florentino Perez kesal, hingga utusan dari klub Juventus tiba di Santiago Bernabeu sewaktu bursa transfer musim panas 2018-2019 baru saja dimulai.

Akhirnya Cristiano Hengkang Dari Santiago Bernabeu

Akhir dari proses panjang negosiasi, para petinggi Real Madrid sepakat melepas kepergian penyerang andalan mereka untuk skuad utama. Cristiano telah berdedikasi selama 9 musim membela Los Blancos dan kini sudah siap bergabung dengan tim baru, Si Nyonya Tua yang bermain untuk Liga Italia.

Ronaldo resmi menjadi bagian dari pasukan Massimiliano Allegri, terhitung mulai tanggal 11 Juli 2018. Striker 33 tahun asal Portugal tersebut didatangkan dengan biaya transfer mencapai 112 juta Euro atau sekitar 99,2 juta Pounsterling atau sama dengan 1,88 triliun Rupiah.

Dunia menganggap mantan pemain bintang Manchester United, Cristiano Ronaldo sebagai salah satu dari dua pemain sepak bola terbaik yang pernah ada selama kejuaraan sepak bola pernah diadakan. Cristiano memiliki karakter menyerang secara agresif, baik berperan sebagai striker maupun bermain di sayap kiri dan kanan.

Karakter pengendalian bola terbaik Ronaldo terdiri dari beberapa gerakan mendasar seperti di bawah ini :

  • Finishing
  • Faster
  • Dribbling
  • Positioning
  • Passing
  • Crossing

Pelatih fenomenal asal Portugal, Jose Mourinho pernah melayangkan pujian serta kritik kepada Cristiano Ronaldo. Tapi menurut Mourinho bahwa Ronaldo bukan sosok penerima kritik yang baik. Tetapi Jose Mourinho berpendapat kalau Cristiano merupakan pesepakbola paling profesional yang pernah ditemui selama menjalani karier kepelatihan di dunia sepak bola.

Media internasional asal Inggris, Spanyol dan media dari berbagai penjuru dunia lainnya kerap menjadikan Cristiano Ronaldo sebagai sasaran empuk sehingga ia selalu menjadi korban pemberitaan. Media menggambarkan Ronaldo sebagai pemain sepak bola yang memiliki sifat arogan.

Ronaldo Dapat Pengakuan Dari Pemain Legendaris Sepak Bola

Para legenda sepak bola yang masih ada hingga saat ini, mengakui kemampuan hebat Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi sebagai duo moster lapangan hijau sepak bola. Sebab Selama hampir 10 tahun belakangan ini, nama kedua mega bintang tersebut selalu muncul di malam pemberian anugrah Ballon d’Or.

Cristiano Ronaldo Raih Ballon d'Or

Penghargaan tertinggi Ballon d’Or diberikan hanya untuk pemain sepak bola nomor satu terbaik peringkat dunia yang diadakan setiap satu tahun sekali. Hanya bagi pemain bintang sepak bola terbaik yang mampu mencetak gol terbanyak sepanjang musim, didukung dengan etos kerja luar biasa baru bisa dicapai.

Kerja keras Cristiano Ronaldo, selama menjadi pemain bintang sepak bola terkenal. Ia menjadi model iklan produk kebugaran dan memperoleh banyak sponsor dari brand-brand ternama dari perusahaan raksasa.

Banyaknya jumlah sponsor telah membuat pundi-pundi Ronaldo mengalami peningkatan tajam, berikut nama-nama perusahaan besar berkelas internasional pernah jadi sponsor Cristiano Ronaldo :

  • Emporio Armani pria
  • Nike
  • Coba-cola
  • Castrol
  • Konami
  • Banco Espirito Santo
  • Motorola
  • Jacob & Co
  • Herbalife
  • Kfc

Maret 2010, France Football memberitakan bahwa Cristiano merupakan salah satu pesepakbola terkaya di muka bumi di peringkat ke-3. Untuk urutan pertama pemain sepak bola terkaya masih di duduki oleh pemain legendaris David Beckham dan urutan ke-2 Lionel Messi.

Karakter besar berkarisma Cristiano Ronaldo, telah memikat hati wanita kalangan atas. Wanita-wanita cantik yang pernah jatuh ke dalam pelukan Ronaldo berasal dari kalangan aktris dan super model seperti daftar nama berikut di bawah ini :

  • Daniela Martins (2005)
  • Merche Romero (2005-2006)
  • Gemma Atkinson (2007)
  • Alice Goodwin (2008)
  • Raffaella Fico (2009)
  • Nereida Gallardo (2009)
  • Paris Hilton (2010)
  • Irina Shayk (2010-2013)

Setelah menjadi sosok mega bintang sepak bola sukses besar, hal itu tak lantas membuat Ronaldo arogan seperti yang banyak diberitakan media lokal Inggris. Kepedulian terhadap sesama manusia dibuktikan kapten timnas Portugal tersebut lewat menggalang dana bantuan untuk kurban tsunami Aceh pada Desember 2004.

Ronaldo Tsunami Aceh

Hati Ronaldo tersentuh saat mengetahui ada seorang bocah asal Aceh yang selamat usai selama 19 hari terapung-apung di lautan lepas akibat terjangan hebat tsunami. Mengetahui Martunis selamat, Ronaldo menjadikan bocah Aceh tersebut sebagai anak angkat dan setelah Martunis dewasa diberi kesempatan mengenyam pendidikan sepak bola di Sporting Lisbon.

Sejak saat itu juga, kegiatan kemanusiaan Ronaldo terus bertambah. Pada 26 Maret 2008, ketika Ronaldo masih merupakan salah satu pesepakbola asuhan Sir Alex Ferguson. Ia terpilih sebagai Duta Kemanusiaan mewakili UEFA dan Palang Merah Internasional, guna mengumpulkan dana donasi sebesar 100 ribu CHF (Frank Swiss) atau setara dengan 1 miliar Rupiah.

Profesi sebagai Duta Kemanusia tersebut, terus berlanjut hingga Ronaldo hijrah memperkuat kubu Real Madrid. Hingga pada Februari 2013, Cristiano dan UEFA menyerahkan lagi dana bantuan kemanusiaan yang sudah dikumpulkan dan diserahkan kepada pihak Palang Merah Internasional atau ICRC sebanyak 100 ribu Euro atau 1,5 miliar Rupiah, dana tersebut digunakan untuk menjalankan program pemulihan fisik korban akibat konflik di Afganistan.

Ronaldo Save the Children

Sebuah lembaga perlindungan dan penyelamatan anak-anak independen, memilih Ronaldo sebagai Duta LSM (Save the Children) pada Januari 2012. Kapten timnas Portugal itu mendapat tugas, sebagai penggalang dana sosial dan termasuk dana bantuan dari para pemain bintang sepak bola dari liga mana saja demi bisa membantu selamatkan anak di dunia.

Bahkan demi bisa mengumpulkan dana donasi lebih banyak lagi, para bintang sepak bola yang terlibat dalam proses penggalangan dana tersebut ikut menanda tangani kaus. Kaus yang sudah ditanda tangani akan dilelang dan hasil lelang jadi dana donasi penyelamatan anak-anak di dunia. Para pemain bintang yang terlibat diantaranya Cristiano Ronaldo, Alessandro Del Piero dan Lionel Messi.

Kegiatan amal Cristiano Ronaldo berlanjut pada 26 Juni 2013, ia kembali dinobatkan sebagai Duta Forum Peduli Mangrove di Bali, Indonesia. Acara penyerahan sertifikat dilaksanakan di Denpasar, Bali yang diserahkan langsung oleh wakil pemerintah Indonesia, Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan. Kehadiran Ronaldo terlibat dalam acara sebagai bentuk kepedulian terhadap alam sama sekali tidak mendapat bayaran.

Ronaldo Duta Mangrove Indonesia

Cristiano Ronaldo bersedia terlibat dalam acara tersebut sebagai Duta Mangrove, karena perkenalannya dengan Martunis yang menjadi anak angkat. Sebagai Duta Mangrove, Ronaldo mengemban pesan “Save the Mangrove, Save the Earth”. Sebab mangrove merupakan salah satu cara terbaik untuk menahan agar bencana tsunami tidak terjadi.