Teknologi VAR Akan Diterapkan Pada Semua Liga Eropa

Teknologi VAR Akan Diterapkan Pada Semua Liga Eropa

Teknologi VAR Akan Diterapkan Pada Semua Liga Eropa – Pesatnya perkembangan teknologi muktahir, terus menerus terjadi pada dunia diberbagai bidang apa saja. Demi memperoleh hasil lebih maksimal dan dunia olah raga juga memperoleh pengaruh penerapan sejumlah peralatan canggih. Seperti salah satunya adalah penerapan sensor yang ditanamkan pada bola dan tiang gawang untuk dapat mendeteksi terjadinya gol.

Setiap keputusan wasit pemimpin jalannya sebuah pertandingan, juga memperoleh bantuan peralatan teknologi muktahir seperti Video Assistant Referee (VAR). Sebelum teklogi VAR diajukan untuk diterapkan di Liga Champions dan termasuk Liga Europa. Teknologi terbaru ini sudah terlebih dahulu digunakan di ajang bergengsi seperti di Piala Dunia 2018 lalu.

Tentu saja sebelum diterapkan, semua Liga bergengsi papan atas yang diselenggarahkan di benua Eropa. Pihak EUFA merupakan bagian pertama yang akan menerapkan langkah ini. Untuk pentas pertandingan Premier League, baru akan menjalani uji coba pada musim 2018 ini

Teknologi VAR Akan Diterapkan Pada Semua Liga Eropa

Serie A dan La Liga Sudah Gunakan Teknologi VAR

Teknologi ini Video Assistant Referee sudah lebih duluan diterapkan pada Serie A kejuaraan Italia dan La Liga dari Spanyol. Para petinggi dari Asosiasi Klub-klub sepak bola Eropa atau European Club Association (ECA). Mereka merupakan sebuah perkumpulan yang mempunyai pengaruh besar dalam dunia sepak bola di Eropa.

Para petinggi asosiasi tersebut bakal menggunakan pengaruh besar lewat kekuasaan dimiliki. Supaya teknologi VAR dapat segera mungkin digunakan pada semua ajang sepak bola di level Eropa pada musim mendatang.

“Untuk menerapkan sebuah teknologi terbaru, pada sebuah pertandingan sepak bola. Tentu saja harus melalui serangkaian uji coba kelayakan. Apakah teknologi tersebut dapat memberikan efek cukup besar terhadap hasil seperti yang diinginkan. Seluruh pendukung klub-klub tentu ingin tim yang bertanding mendapat perlakuan seadil mungkin. Melalui wasit pemimpin pertandingan menjadi penentu setiap keputusan”, ujar salah satu eksekutif ECA.

Kini semua pihak tengah menantikan hasil uji coba dari Liga Utama Inggris pada musim 2018 ini. Keberhasilan uji coba Video Assistant Referee tersebut akan jadi penentu selanjutnya, apakah bakal berlanjut untuk semua level pertandingan di Eropa.

Walau petinggi dari UEFA sudah mengetahui dampak positif yang dapat diberikan dari alat canggih tersebut. Oleh dikarenakan sudah melihat langsung hasilnya di Piala Dunia 2018. Namun tetap saja VAR tidak bisa langsung di pasang pada semua liga. Segala sesuatu hal, membutuhkan proses dan seiring waktu pasti akan mendapat jawaban.